4 Mahluk Ciptaan Tuhan dan Takdirnya




Manusia dibuat paling prima dari mahluk hidup yang lain yang dibuat oleh Allah SWT. Kesempurnaan penciptaan ini jadikan manusia mempunyai tanggung jawab serta beban takdir yang tidak sama dari mahluk hidup yang lain.
1. Tumbuhan adalah mahluk hidup ciptaan Allah, beban takdirnya ialah kepasrahan terima tanpa pilihan untuknya kecuali terima ketentuan takdir menghampirinya, saat badai petir tiba dia tidak bisa hindari mereka pasrah pohon mana yang akan tersambar petir, begitupun saat penebang kayu tiba, pohon tidak dapat lari dari takdirnya, bila yang tiba penebang jati karena itu selamatlah meranti kayu ulin serta pasrahlah sang kayu jati, begitupun dengan yang lain, tetapi jika yang tiba cukong serakah karena itu habislah mereka tidak dapat hindari takdir. Apa kita manusia ingin seperti pohon diam dalam kepasrahan menunggu kejelasan takdir ?.

2. Hewan adalah mahluk hidup ciptaan Allah, beban takdirnya ialah ikuti perasaan ke mana takdir membawanya, pilihannya hanya keluar dari satu takdir ke takdir yang lain. Saat api membakar rimba perasaannya membawanya jauhi api menghindar ke arah pinggir rimba serta cuma untuk berjumpa pemburu. Saat makanan di rimba habis perasaan mereka mengetahui ke mana harus pergi, mereka ke pinggir desa ke arah kebun serta rumah masyarakat yang menyongsong mereka untuk hama serta menghabisi mereka. Apa kita manusia ingin seperti hewan ?. Yang hindari takdir yang satu ke arah takdir yang lain.

3. Iblis adalah mahluk hidup ciptaan Allah beban takdirnya telah dia pilih sendiri. Dia tidak sempat takut pada takdirnya, dia mahluk yang cuma takut pada Allah, dia belum pernah takut pada mahluk ciptaan Allah, tidak takut pada peringatan Allah, tidak takut pada adzab Allah. Apa kita ingin seperti iblis ?. Yang cuma takut pada Allah tetapi tidak perduli pada takdir baik atau jelek, tidak takut pada adzab Allah, tidak takut pada peringatan Allah.

4. Manusia ciptaan paling prima, walau dikasih nafsu tetapi dikasih hati, dikasih akal dan pemikiran, dan diberikan panduan yang sebagus-baik panduan yaitu Al Qur'an serta hadits yang diantarkan langsung oleh rasulnya serta dengannya diberikan juga ulama pewaris beberapa nabi yang akan mengajari mengenai apa serta bagaimana itu takdir. Apa kita manusia ingin memperbodoh diri sudah memutuskan takdir sebelum lakukan usaha serta menyandarkannya dalam tawakkal ?.

Pilihan ada di kita ingin jadi manusia pohon, atau manusia hewan, maupun manusia iblis atau manusia yang manusia


 

Postingan populer dari blog ini

Healthy Lifestyle

the world’s tallest steel-timber hotel to be built at Victoria Square

the same regardless of the architecture